Investor Menempatkan Kepercayaan pada Pengelola Lokal Plaza Gamalama

Manajemen PT Athena Tagaya sebagai investor Plaza Gamalama Ternate, Maluku Utara (Malut) segera mengaktifkan sejumlah sarana pendukung gedung dengan mengutamakan pengelolaan kepada pengusaha lokal. “Tentunya, pengusaha lokal juga menjadi prioritas utama dalam membangun kerja sama Kelola Plaza Gamalama, selain pebisnis dengan brand-brand ternama yang tertarik untuk memperluas usahanya di Plaza Galamama,” kata Partner and Representative PT Athena Tagaya, Ryan Sriyatuning Adre di Ternate, Sabtu.

Menurutnya, sesuai kesepakatan tersebut, selama dua bulan ke depan Plaza Gamalama Modern akan diaktifkan untuk sejumlah kegiatan UMKM yang melibatkan masyarakat luas, setelah kegiatan tersebut selesai, gedung akan ditutup total untuk keperluan renovasi. PT. Athena Tagaya berencana untuk membuka Plaza Gamalama Modern lebih cepat dari jadwal semula, yaitu menjelang Ramadhan 2025.

“Selanjutnya, sesuai dengan rencana yang kami sampaikan kepada pemerintah, kami akan menutup gedung untuk melakukan renovasi total,” ujarnya. PT Athena Tagaya sebagai pihak pengelola berkomitmen untuk merawat dan menjaga estetika gedung yang akan menjadi salah satu pusat perbelanjaan modern di Kota Ternate.

Perbaikan gedung terus dilakukan oleh PT Athena Tagaya sesuai kesepakatan lisan dalam diskusi dengan Pemkot Ternate pada 24 Juni 2024. Namun, semua langkah ini bergantung pada perjanjian sewa dengan Pemkot Ternate yang masih dalam proses negosiasi mengenai harga dan periode sewa gedung.

“Saat ini kami hanya menunggu penyelesaian perjanjian sewa, setelah itu semuanya akan berjalan dan kami berharap dapat membuka mall menjelang Ramadhan 2025,” tambahnya. Plaza Gamalama Modern Ternate diperkirakan akan menyerap 350 tenaga kerja lokal dengan gaji UMP, serta memberikan kontribusi retribusi yang meningkat untuk daerah.

Meskipun belum ada kepastian mengenai perjanjian sewa dengan Pemkot Ternate, pihak PT Athena Tagaya tetap siap dan waspada. “Kami telah mencari pengusaha dan brand-brand yang akan terlibat, tinggal menunggu penandatanganan perjanjian sewa sesuai kesepakatan sebelumnya agar kami dapat segera beroperasi,” jelasnya.

Sebelumnya, Pemerintah Kota Ternate melakukan uji coba pengoperasian Plaza Gamalama untuk mendukung akselerasi perekonomian masyarakat setempat pada Agustus 2024. Sekretaris Kota Ternate Rizal Marsaoly telah bertemu dengan manajemen PT Arena Tagaya untuk memfungsikan Plaza Gamalama guna mendukung pengembangan UMKM di daerah tersebut.

Pemerintah kota telah merencanakan berbagai kegiatan dan festival UMKM yang akan dipusatkan di Plaza Gamalama pada Agustus 2024, dengan tujuan menarik minat masyarakat untuk berkunjung ke pusat ekonomi modern di Ternate. Kehadiran pihak ketiga dalam pengelolaan aset Plaza Gamalama ini melibatkan berbagai pemangku kepentingan, termasuk Kejaksaan Ternate, untuk memastikan penggunaan aset tersebut tidak menimbulkan masalah di masa depan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *