Forum IMT-GT Ingin Mendorong Peningkatan Pertumbuhan Ekonomi Hijau di Sumatera

Pertemuan ke-21 Forum Kepala Pertemuan Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle (IMT-GT) menyoroti pentingnya pertumbuhan hijau di Sumatera. Ekonomi Sumatera tumbuh sebesar 4,5% pada tahun 2024, didorong oleh sektor-sektor seperti pembangunan infrastruktur, perkebunan, pertambangan, pertanian, manufaktur, dan jasa. Sumatera juga berkontribusi sebagai penyumbang terbesar kedua terhadap Produk Domestik Bruto nasional, mencapai 22,1%. Hal ini menunjukkan peran penting Sumatera dalam diversifikasi ekonomi dan pembangunan berkelanjutan.

Elen Setiadi, Penjabat Gubernur Provinsi Sumatera Selatan/Deputi Bidang Koordinasi Pengembangan Usaha BUMN, Riset, dan Inovasi Kemenko Perekonomian, menegaskan komitmen pemerintah daerah Sumatera dalam mendorong pertumbuhan ekonomi hijau, energi terbarukan, pertanian berkelanjutan, konservasi lingkungan, pemberdayaan generasi muda, dan teknologi digital. Indonesia siap menjalin kerja sama perdagangan, pariwisata, pertanian, dan investasi di Sumatera dengan pemangku kepentingan di wilayah IMT-GT.

Dalam Pertemuan IMT-GT Chief Minister and Governors’ Forum ke-21 di Johor, Malaysia, Elen Setiadi juga membahas empat hal penting untuk memperkuat sinergi forum kerja sama Kepala Daerah di IMT-GT. Hal tersebut meliputi penguatan kapasitas dan peran pemerintah daerah, pemanfaatan koridor ekonomi IMT-GT, optimalisasi program IMT-GT Visit Year 2023-2025 untuk pariwisata, serta implementasi program-kerja yang berdampak langsung pada masyarakat.

Indonesia juga merencanakan Pertemuan Dewan Walikota Kota Hijau IMT-GT ke-8 di Pekanbaru, Riau. Forum Kepala Daerah IMT-GT ke-21 dipimpin oleh Chief Minister of Johor Datuk Onn Hafiz Ghazi dan dihadiri oleh Gubernur Sumatera Barat, Gubernur Provinsi Trang Thailand, perwakilan ADB dan ASEAN Secretariat, Direktur CIMT, Direktur JBC Malaysia, dan Chairman IMT-GT UNINET.

Dalam pertemuan ini, Indonesia menyoroti potensi kerja sama dalam pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus dan Industri, pengolahan sumber daya alam, destinasi pariwisata, infrastruktur konektivitas, hingga infrastruktur digital untuk inovasi digital dan e-commerce lintas batas. Tujuan utamanya adalah memajukan pertumbuhan ekonomi hijau dan berkelanjutan di Sumatera.

Dengan adanya pertemuan ini, diharapkan kerja sama antarnegara dalam IMT-GT semakin solid dan berdampak positif bagi masyarakat di wilayah tersebut. Sumatera memiliki potensi besar untuk terus berkembang dan menjadi pusat pertumbuhan ekonomi hijau di kawasan IMT-GT. Semoga kerja sama ini dapat memberikan manfaat yang nyata bagi semua pihak yang terlibat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *